Apa itu Hemoglobin?

Hemoglobin adalah sebutan untuk protein di dalam sel darah merah yang memberikan warna merah pada darah. Hemoglobin memiliki struktur yang terdiri dari empat rantai, di mana setiap rantainya mengandung senyawa yang mengandung zat besi atau dikenal dengan heme. Heme terbentuk melalui mineral alami yang dapat ditemukan dalam sel darah merah. Sementara itu, globin adalah senyawa protein yang diproduksi oleh tubuh.

Dalam keadaan sehat, normalnya seseorang memiliki kadar hemoglobin 12-15 gram/dL pada wanita dewasa dan 13-17 gram/dL pada pria dewasa. Apabila kadar hemoglobin dalam tubuh tidak normal (terlalu tinggi atau terlalu rendah), hal tersebut dapat mengindikasi adanya ketidakseimbangan produksi dan penghancuran sel darah merah.

Fungsi Hemoglobin

Kadar hemoglobin normal dalam tubuh penting untuk selalu dijaga agar protein tersebut dapat menjalankan fungsinya secara optimal. Berikut merupakan fungsi hemoglobin bagi tubuh.

Mengangkut Oksigen ke Seluruh Tubuh

Fungsi utama dari hemoglobin adalah mengikat dan mendistribusikan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika fungsi tersebut terhambat, maka tubuh tidak bisa memenuhi kadar oksigen dengan baik. Kondisi ini dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti hipoksemia.

Kekurangan pasokan oksigen juga membuat tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Beberapa gejala lain yang dapat terjadi akibat kekurangan oksigen adalah mudah lelah, sesak napas, dan nyeri otot.

Menjaga Bentuk Sel Darah Merah

Menjaga kadar hemoglobin normal akan membantu mempertahankan bentuk sel darah merah dalam tubuh. Normalnya, sel darah merah memiliki bentuk bundar layaknya donat dengan sedikit cekungan tanpa lubang di tengahnya, sehingga memudahkan sel tersebut untuk mengalir dalam pembuluh darah.

Mengangkut Karbondioksida

Selain membawa oksigen ke seluruh tubuh, hemoglobin juga berfungsi untuk mengangkut karbondioksida dari jaringan tubuh kembali ke paru-paru. Apabila fungsi ini terganggu, kadar karbondioksida dalam tubuh akan meningkat sehingga dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti asidosis.

Kadar Hemoglobin Normal

Normal atau tidaknya kadar hemoglobin dalam tubuh dapat diketahui melalui tes darah atau tes hemoglobin. Jenis tes ini biasanya dilakukan bersamaan dengan hematokrit sebagai pemeriksaan penunjang untuk mendiagnosis anemia.


Obat Tradisionalnya

DAUN UBI JALAR WARNA UNGGU

Caranya:
Cukup rebus lalu konsumsi airnya sebagai pengganti air putih, daun ubinya bisa juga dimakan colok sambal

Post a Comment

Previous Post Next Post